Mengajarkan anak-anak tentang kebersihan gigi dan mulut adalah bagian penting dari perkembangan mereka tentang hidup sehat hingga dewasa nanti. Menyikat gigi dengan baik akan membantu gigi anak tetap sehat hingga dewasa nanti, membantu mencegah gigi berlubang dan terhindar dari penyakit mulut. Orang tua harus mengajar anak-anak tentang kesehatan gigi dan mulut bisa dengan cara mempraktekkannya secara langsung bersama mereka. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan bersama anak-anda anda bagaimana cara menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Untuk anak yang masih bayi :

1. Bersihkan gigi bayi anda 2 kali sehari menggunakan kain kasa yang lembut apabila giginya sudah muncul. Lapisan gigi bayi jauh lebih tipis dibanding orang dewasa, oleh karenanya anda harus lebih konsisten dan berhati-hati untuk membersihkannya untuk mencegah gigi berlubang. Untuk bayi yang berumur kurang dari 2 tahun gunakan air dan setetes pasta gigi berfluoride. Hal ini tidak hanya akan membersihkan gigi tapi juga akan memberikan sensasi yang segar pada gusi mereka selama proses tumbuh gigi.

2.Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi mereka untuk menghindari timbulnya bakteri yang mengganggu.

3. Apabila gigi anak anda sudah tumbuh untuk pertama kali, ada baiknya anda memeriksakannya ke dokter gigi, apakah kondisi gigi anak anda baik-baik saja.

Untuk anak yang berumur 3-7 tahun

1. Anak yang sudah berumur 3 tahun ke atas ada baiknya anda ajarkan untuk menyikat gigi mereka sendiri dengan sikat gigi yang lembut. Ajarkan mereka menyikat giginya secara melingkar yang lembut, membilas dengan air dan meludah. Anda harus tetap mengawasi mereka dengan cara menyikat gigi bersama-sama sehingga mereka dapat meniru apa yang anda lakukan sehingga mereka secara otomatis akan belajar dari anda akan pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut.

2. Anda juga harus mengajarkan mereka bagaimana menggunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi mereka.

3. Gantilah sikat gigi anak anda setiap 6 atau 12 bulan sekali sesuai dengan bertambahnya usia mereka.

Menghindari serangan plak pada gigi

1. Plak adalah zat putih yang berkembang ketika makanan bercampur dengan bakteri dan air liur yang menempel pada gigi dan rongga mulut. Anda dapat memeriksa apakah terdapat plak pada gigi anda setelah menyikat gigi. Caranya campurkan beberapa tetes pewarna makanan berwarna merah ke dalam segelas air, kemudian berikan kepada anak anda untuk dikumur di dalam mulut selama 10 detik, setelah itu ludahkan pada wastafel dan ambil kaca pembesar untuk melihat apakah anda bintik-bintik plak pada gigi anak anda. Lakukan hal ini beeberapa kali sesuai arah gigi sehingga anda akan tahu gigi bagian mana yang memiliki plak.

2. Pada umur 7 tahun ke atas anda tidak harus mengawasi anak-anak anda secara langsung saat menyikat gigi, tetapi anda dapat mengawasinya secara berkala. Hal ini untuk mengetahui apakah mereka tetap menjaga kesehatan gigi mereka.

3. Setiap 6 bulan sekali anda dapat memeriksakan kondisi gigi anak anda pada dokter gigi.

Tips dan Peringatan

1. Anda harus segera mengganti sikat gigi anak anda apabila habis terkena penyakit flu dan pilek

2. Kurangi makanan yang manis-manis seperti cokelat dan menggantinya dengan buah dan sayuran

3. Ajarkan anak anda untuk banyak minum air putih

4. Berikan mereka mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan apabila mereka malas untuk menyikat gigi. Hal ini akan membantu menstimulasi air liur untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan.

5. Apabila anak anda mengeluh sakit pada gigi, segeralah periksakan pada dokter gigi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s