Senantiasa menjaga kebersihan tidak hanya bagus untuk kesehatan, tapi juga dianjurkan dalam agama. Nah, agar selalu kebersihan rumah bisa tercapai, mungkin ini saat yang tepat bagi Anda untuk mengajak si kecil peduli keberishan sejak dini. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar bisa mengajak si kecil peduli kebersihan:

1) Awali dari diri sendiri.

Jika Anda ingin anak juga suka menjaga kebersihan, mulailah dari diri sendiri. Anak akan melihat dan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Ajarkan anak untuk disiplin pada rutinitas. Jangan lupa juga, untuk mengajarkan anak merapikan mainan yang sudah dipakai. Ini bisa membuat anak terbiasa untuk bersikap tanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Siapkan box toys atau tempat untuk menyimpan mainan. Berikan pujian kepada anak, setelah mereka merapikan mainannya.

2) Bacakan dongeng tentang cinta kebersihan. Jika si kecil tidak suka mendengarkan dongeng atau membaca buku, Anda bisa membelikan VCD yang berisi tentang menjaga kebersihan.

3) Anda bisa memberi hadiah pada anak yang rajin membuang sampah di keranjang sampah, ikut merapikan barang yang berserakan, ikut menjaga kebersihan rumah dan sebagainya.

4) Tidak ada salahnya, Anda juga bisa mengajak anak mendaur ulang sampah, semisal membuat kreasi tempat pensil dari kaleng atau botol yang sudah tidak terpakai, mengolah kertas koran atau sampah kering lainnya menjadi tas, pigura atau sebagainya.(red/ era)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s